Orang Indonesia bisa menghabiskan waktu 3,8 jam atau 188 menit bermain media sosial. Data ini merupakan hasil penelitian dari We Are Social pada Februari 2025. Berikut penjelasannya.
***
BERINTI.ID, Jakarta - Pada Februari 2025, We Are Social mencatat ada 5,24 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia.
Jika dibandingkan tahun 2024, jumlah ini pengguna media sosial di dunia hanya 5,04 miliar.
Artinya, pada Februari 2025, jumlah pengguna media sosial naik sebesar 4%.
Menurut temuan We Are Social, pengguna media sosial di dunia rata-rata berusia 16 tahun ke atas.
Mereka lebih banyak menggunakan platform media sosial untuk terhubung dengan teman dan keluarga.
Selain itu, ada juga yang memanfaatkan media sosial untuk sekadar mengisi waktu luang, membaca berita, bahkan mencari isu populer.
We Are Social juga menemukan bahwa kini media sosial telah mengalami pergeseran fungsi.
Media sosial yang hadir sebagai sarana bersosialisasi kini berubah menjadi platform mencari cuan.
Di Indonesia, pengguna media sosial juga tak kalah banyak. Pada awal tahun 2025, We Are Social mencatat Indonesia sebagai salah satu negara paling betah mengakses media sosial.
Menurut We Are Social, orang Indonesia bisa menghabiskan waktu selama 188 menit per hari atau 3,8 jam bermain media sosial.
Di posisi pertama ditempati kenya dengan total 253 menit per hari bermedia sosial atau setara 4 jam 13 menit.
Di bawah Kenya ada Chili dengan 3 jam 39 menit, serta Afrika Selatan dengan durasi 3 jam 36 menit.
Lamanya durasi orang Indonesia bermain media sosial ternyata justru membuka peluang bagi pelaku usaha.
Masih dari laporan We Are Social, jangkauan ad dari Youtube di INdonesia mencapai 143 juta, atau tertinggi keempat secara global.
Kemudian reach untuk iklan Facebook mencapai 122,3 juta atau tertinggi ketiga secara global.